Daftar Ritual Pemakaman Aneh & Gak Lazim di Dunia

 Daftar Ritual Pemakaman Aneh & Gak Lazim di Dunia

Daftar Ritual Pemakaman Aneh & Gak Lazim di Dunia – Pemakaman atau pekuburan adalah sebidang tanah yang disediakan untuk kuburan. Pemakaman bisa bersifat umum (semua orang boleh dimakamkan di sana) maupun khusus, misalnya pemakaman menurut agama.

Pemakaman pribadi milik keluarga, Taman Makam Pahlawan, dan sebagainya. Pallbearers Dance baru-baru ini menjadi viral di dunia maya karena ritual pemakaman yang gak lazim.

Gimana gak lazim? Karena ritual pemakaman Pallbearers Dance ini dilakukan dengan cara Daftar Sbobet88 membawa peti jenazah dan sekelompok orang yang membawanya itu menari-nari.

Ritual Pallbearers Dance di Ghana

Para pria yang membawa peti jenazah, berpakaian rapi dan merupakan prosesi pemakaman yang ada di Ghana. Prosesi pemakaman itu dilakukan dengan harapan supaya orang yang meninggal juga ikut bahagia hingga tempat peristirahatan terakhirnya. Selain Pallbearers Dance yang ada di Ghana, berikut 7 ritual pemakanan yang gak lazim di dunia.

1. Famadihana 
Selain Pallbearers Dance, Ini 7 Ritual Pemakaman Gak Lazim di Dunia! 

Di Madagaskar, terdapat ritual pemakaman yang di sebut dengan FamadihanaFamadihana merupakan ritual pemakaman yang di kenal dengan kembalinya tulang belulang. Kalau Pallberarers Dance adalah melakukan tarian saat akan menguburkan, Famadihana adalah sebaliknya.

Proses ritual Famadihana di lakukan setelah dua hingga tujuh tahun sekali. Pihak keluarga akan membongkar makam dan kemudian jenazah di ajak menari di antara para pelayat yang datang. Setelah prosesi selesai, jenazah dikuburkan kembali.

2. Sky Burial 
Selain Pallbearers Dance, Ini 7 Ritual Pemakaman Gak Lazim di Dunia! 

Tradisi pemakaman ini di lakukan di Tibet oleh kaum Buddha Vajrayana. Menurut kepercayaan mereka, jenazah orang meninggal akan di biarkan begitu saja dan menjadi santapan oleh burung pemakan bangkai. Mereka percaya bahwa gak ada gunanya menyimpan jenazah, karena ketika orang sudah meninggal, roh akan memasuki alam lain.

3. El Muerto Parao
Selain Pallbearers Dance, Ini 7 Ritual Pemakaman Gak Lazim di Dunia! 

El Muerto Parao adalah tradisi pemakaman yang berada di Puerto Rico. Seperti di kutip dari laman latimes.com, El Muerto Parao merupakan tradisi pemakaman dengan cara membuat jenazah seperti hidup.

Jenazah yang sudah dibalsem, kemudian akan didandani seperti halnya orang hidup dan yang menjadi kebiasaan jenazah ketika masih hidup. Dengan tradisi ini, pihak keluarga maupun kerabat bisa lebih dekat dan berfoto untuk terakhir kalinya.

4. Rambu Solo  
Selain Pallbearers Dance, Ini 7 Ritual Pemakaman Gak Lazim di Dunia! 

Rambu Solo adalah ritual yang paling mahal dan menurut kepercayaan bagi masyarakat Toraja Utara, belum mencapai kesempurnaan bila belum di makamkan secara ritual Rambu Solo. Ritual Rambu Solo memakan waktu yang lama, serta biaya yang mahal, mulai persiapan peralatan ritual hingga pembuatan pondok upacara.

Upacara di lakukan dalam dua tahap. Yang pertama di lakukan di rumah duka dan yang kedua membawa jenazah ke lapangan. Dalam upacara ini, kerbau akan di sembelih untuk keesokan harinya ketika jumlah kerbau telah di sepakati. Dalam ritual, kerbau di anggap sebagai hewan yang mengantarkan arwah menuju keabadian.

5. Pemakaman di dalam pohon
Selain Pallbearers Dance, Ini 7 Ritual Pemakaman Gak Lazim di Dunia! 

Di Filipina Suku Caviteno yang berada di daerah Pulau Luzon, memakamkan jenazah dengan cara meletakannya di dalam pohon! Jenazah akan di letakan di dalam pohon secara vertikal dan kemudian akan di tutup.

Menurut kepercayaan Suku Caviteno, manusia yang telah mati akan kembali kepada alam dan menyerahkan tubuhnya juga kepada alam. Sebelum meninggal, orang itulah yang menunjuk pohon di mana dirinya akan di kuburkan.

6. Tower of Silence/ Dakhma
Selain Pallbearers Dance, Ini 7 Ritual Pemakaman Gak Lazim di Dunia! 

Tower of Silence atau Menara Dakhma adalah ritual pemakaman yang terdapat di Malabar Hills, Mumbai Selatan, India. Menara Dakhma adalah bangunan melingkar yang tinggi di mana di tengahnya terdapat lubang, sementara di bagian tepinya di fungsikan untuk meletakan jenazah.

Menurut kepercayaan Zoroastrian, unsur api di anggap suci, jadi mereka gak menguburkan jenazah di api, air tanah maupun udara karena di anggap mencemari kemurnian. Sebagai gantinya, jenazah di letakan di tepi Dakhma. Setelah jenazah tinggal tulang belulang, maka akan di lungsurkan di lubang Dakhma.

7. Endocannibalism 
Selain Pallbearers Dance, Ini 7 Ritual Pemakaman Gak Lazim di Dunia! 

Ritual pemamakaman selanjutnya adalah Endocannibalism yang masih di lakukan oleh Suku Yanomami di Amerika Selatan. Seperti di kutip dari laman guardian.ng, suku Yanomami melakukan ritual memakan orang yang sudah mati dari komunitas yang sama!

Prosesi Endocannibalism ini mula-mula membakar mayat kemudian menyanyi dan menangis untuk mengungkapkan kesedihan. Kemudian, tulang-tulang yang tersisa di ubah menjadi bubuk dan abu yang kemudian di campur dengan pisang untuk menjadi sup pisang. Suku Yanomami percaya dengan melakukan ritual ini, adalah cara jiwa yang telah meninggal mendapat kedamaian abadi.

Itulah pemakaman gak lazim yang ada di dunia. Bagaimana pun juga, ritual pemakaman di tiap belahan dunia dan pada masanya itu berbeda dan sesuai dengan ketentuan tradisi masing-masing