5 Hal yang Terjadi jika Kamu Gak Menyadari Batasan Diri Sendiri

5 Hal yang Terjadi jika Kamu Gak Menyadari Batasan Diri Sendiri

Di lansir stgeorgesyria.org, kesalahan yang paling sering di lakukan orang di zaman sekarang adalah terlalu sibuk melakukan hal lain di luar sana hingga lupa untuk mempedulikan dirinya sendiri. Banyak orang yang kita kenal dengan baik hingga kita ketahui kebiasaannya, kegemarannya, hobinya, tapi kita lupa mengenal diri sendiri sebaik itu.

Bahkan, kita lebih sering mengabaikan tanda-tanda yang di kirimkan oleh diri kita saat lelah, saat terlalu di forsir, dan saat mencapai batas kemampuan. Hingga akhirnya hal-hal yang gak di inginkan seperti jatuh sakit, di landa kekecewaan, dan lain sebagainya pun terjadi. Gak cuma itu aja di kutip dari Club388 Indonesia, ini nih lima dampak lain yang akan kamu alami jika gak mengenal batasan diri sendiri dengan baik.

1. Berekspektasi berlebihan pada diri sendiri

Saat kamu gak mengetahui batasan dirimu, sangat mungkin pada akhirnya kamu mulai memasang ekspektasi yang berlebihan pada diri sendiri. Kamu mulai membuat harapan-harapan yang sebenarnya gak mungkin bisa kamu raih. Pada akhirnya, kekecewaan akan datang menghampiri dan kamu malah menyalahkan keadaan.

2. Melakukan hal-hal belum mampu di lakukan sendirian

Mengenal batasan diri juga penting agar kamu gak melakukan tindakan ceroboh seperti melakukan hal-hal yang belum mampu di lakukan sendirian. Tindakan yang di maksud bisa berupa keputusan tanpa pemikiran panjang, hingga aktivitas fisik yang bisa membahayakan jiwa. Waduh, jangan sampai kamu begini ya.

3. Rentan terhadap kegagalan

Mengenal batasan diri menjadikan kita manusia yang lebih hati-hati. Apapun keputusan berat yang ingin kita ambil, akan melalui pemikiran mendalam dan yang pasti akan kita sesuaikan berdasarkan kemampuan kita sendiri. Sementara jika gak tahu batasan diri, tentu kita akan mudah terjebak dalam keputusan yang keliru dan berakhir pada kegagalan.

4. Enggan menerima masukan dan merasa selalu benar

Menjadi orang yang egois dan keras kepala akan sangat mungkin di alami jika kita gak mengenal batasan diri dengan baik. Kita jadi merasa sudah berada di jalan yang benar dan gak membutuhkan masukan dari siapapun. Keegoisan semacam ini terbentuk karena kurangnya kemampuan kita dalam menganalisa diri sendiri.

5. Sangat mungkin kita akan jadi beban bagi orang lain

Akibat dari keputusan yang salah, kegagalan yang terlalu sering di alami, dan kekecewaan yang terlalu sering melanda, kita sangat mungkin akan jadi beban bagi orang lain. Terutama bagi mereka yang harus menanggung semua kesalahan-kesalahan kita. Gak mau kan hidup sebagai beban bagi orang lain?