Bahaya Menggunakan Masker Terlalu Lama, Bahayanya Bagi Kesehatan

Bahaya Menggunakan Masker Terlalu Lama, Bahayanya Bagi Kesehatan

Bahaya Menggunakan Masker Terlalu Lama

Bahaya Menggunakan Masker Terlalu LamaMasker adalah salah satu alat yang digunakan oleh manusia untuk menlindungi diri pada organ pernapasan. Masker juga memiliki fungsi utama untuk terlindung dari udara yang kotor sehingga tidak masuk kedalam tubuh. Seperti bakteri polusi dan juga virus.

Baca juga : Setelah George Floyd, Kini Rayshard Brooks Tewas Ditembak Polisi

Namun terdapat efec samping dari penggunaan masker. Jika kita menggunakan masker terlalu alama justru akan menimnulkan bahaya bagi kesehatan pemakai masker sendiri dan jarang diketahui. Penyaringan udara akan memiliki kinerja yang sangat bagus ada masker dengan ketebalan lebih, namun hal tersebut juga dapat membatasi pernapasan yang tinggi pula. Masker bisa digunakan hanya dalam 8 jam saja, setelah itu Anda harus segera menggantinya dengan yang baru.

Guna menghindari berbagai gangguan kesehatan, maka penggunaan masker perlu diperhatikan agar tidak membahayakan nyawa penggunanya. Bahaya penggunaan masker juga akan didapatkan bagi Anda yang mengenakannya sembari berolahraga. Hal tersebut dikarenakan ketika olahraga maka jantung akan berdegup lebih kecang serta napas yang tersengal, maka pertimbangkan situasi dan waktu agar dapat berolahraga tanpa mengenakan masker. Berikut adalah 5 bahaya menggunakan masker terlalu lama yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

Menimbun Karbon Dioksida

Gas karbon dioksida memang dibutuhkan oleh tubuh, namun jika jumlahnya berlebihan akan menjadi asidosis yang menyebabkan oksigen dalam darah sulit dilepaskan ke dalam sel tubuh dan tubuh menjadi kekurangan oksigen. Hal tersebut akan membuat Anda merasa pusing, mual, sakit kepala, detak jantung meningkat hingga koma serta kematian.

Iritasi Kulit

Iritasi pada kulit juga dapat terjadi jika Anda terlalu lama menggunakan masker, hal tersebut disebabkan adanya penekanan serta gesekan dari masker itu sendiri selama digunakan. Iritasi ini biasanya akan terjadi di bagian bahwa mata, hidung dan dagu. Iritasi kulit, dehidrasi kulit, dan jerawat akan terjadi di sekitar mulut karena kelembapan alami kulit menghilang.

Sakit Kepala

Hal tersebut dikarenakan adanya oksigenasi darah yang berkurang atau jumlah gas karbon dioksida dalam darah meningkat. Perlu diketahui, penggunaan masker N95 yang dikenakan berjam-jam mampu mengurangi oksigenasi darah hingga mencapai 20 persen.

Hipoksia

Hipoksia adalah salah satu bahaya yang dapat terjadi jika Anda mengenakan masker terlalu lama. Hipoksia adalah suatu kondisi yang mengakibatkan Anda mengalami kurangnya pasokan oksigen pada sel dan jaringan tubuh. Kondisi ini terjadi saat terjadi gangguan dalam sistem transportasi oksigen dari mulai bernapas sampai oksigen digunakan sel tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *