Film Barat Terkait Agama Ini Kontroversial & Ada yang Dilarang Tayang

 Film Barat Terkait Agama Ini Kontroversial & Ada yang Dilarang Tayang

Film Barat Terkait Agama Ini Kontroversial & Ada yang Dilarang Tayang – Barat adalah sebuah genre dari berbagai kesenian, seperti film, televisi, radio, sastra, lukisan dan lain-lain. Latar belakang dari kisah-kisah bergenre Barat biasanya berasal dari suasana pada pertengahan akhir abad ke-19 di the American Old West. Beberapa karya bergenre Barat awalnya berlatar belakang Pertempuran Alamo pada 1836.

Terdapat juga sejumlah film-film mengenai karakter bertipe Barat dalam latar belakang kontemporer, seperti Junior Bonner yang berlatar belakang 1970an dan The Three Burials of Melquiades Estrada pada abad ke-21.

Bukan lagi hal tabu untuk dibicarakan, film tentang Tuhan bahkan sudah banyak mengisi layar lebar. Namun, gak semua dari film tersebut mendapat idn poker asia sambutan baik dari masyarakat. Sebaliknya, beberapa film terkait agama justru mendapat protes besar-besaran dan mengundang kontroversi.

1. The Robe (1953) 

Meski pemeran utamanya, Richard Burton mengantongi dua piala Oscar saat memainkannya, The Robe mendapat kritik keras, karena mengandung ketidakakuratan sejarah dalam ceritanya. Ada juga beberapa scene soal penyaliban Yesus yang menganggap tidak sesuai.

2. Jesus Christ Superstar (1973) 

Penekanan peran orang Yahudi dalam kematian Yesus membuat film ini banyak dikecam publik. Beberapa umat Kristen dan Katolik bahkan mengklaim film ini menghujat agama lantaran beberapa scene yang  nilainya tidak sesuai dengan Injil.

3. Monty Python’s “Life of Brian” (1979)

Film ini menuai kontroversi besar saat penayangannya. Melihat nilai nya yang  menistakan agama, film ini sampat mendapat protes keras di beberapa negara bagian Inggris dan pelarangan tayang sampai lebih dari beberapa dekade.

4. King David (1985) 

Film ini mengundang kontroversi lantaran pemeran utamanya, Richard Gere dirasa tidak cocok mendapat peran sebagai David. Saat itu, Gere sedang terkenal dalam film An Officer and a Gentlement yang membuatnya dinilai mencemari sosok David dalam Alkitab. Film ini ditandai sebagai ‘kecelakaan besar’ Gere dalam karier beraktingnya.

5. The Last Temptation of Christ (1988) 

Film yang diadaptasi dari novel ini dibintangi oleh Willem Dafoe dan mampu mengundang banyak kritikan serta kontroversi. Film ini dinilai tidak sesuai dengan ajaran Injil dan melenceng jauh dari penggambaran kehidupan Yesus di Alkitab. Itu sebabnya, beberapa negara sampai melarang penayangan film ini.

6. The Nativity Story (2006)

Sutradara Twillight, Cathrine Hardwicke mencoba menggambarkan kelahiran Yesus melalui film The Nativity Story. Namun, film ini mendapat kecaman publik lantaran pemeran Maria, Keisha Castle-Hughes hamil di luar nikah. Hal ini langsung menjadi sorotan publik, karena Hughes dinilai mencemari sosok Maria yang dia perankan di film.

7. Noah (2014) 

Film yang didasari dengan salah satu tokoh Alkitab, Nuh alias Noah, yang diperankan oleh Emma Watson ini mendapat kritikan besar saat penayangannya, karena dinilai bertentangan dengan ajaran Islam dalam penggambaran Noah sebagai Nabi. Film ini bahkan dilarang tayang di beberapa negara di Timur Tengah.

8. The Passion of The Christ (2004) 

Buat kamu umat Nasrani pasti sudah gak asing lagi dengan film ini. The Passion of The Christ bahkan menjadi film tetap yang ditayangkan di gereja-gereja guna mengingat pengorbanan Yesus di kayu salib. Namun, faktanya film ini sempat menimbulkan banyak kontroversi lantaran berisikan kekerasan mengerikan yang seharusnya disertai dengan batasan usia penonton.