Kendalikan Penyebaran Virus Corona

Kendalikan Penyebaran Virus Corona

Jerman Sebut Berhasil Kendalikan Penyebaran Virus Corona

Jerman Sebut Berhasil Kendalikan Penyebaran Virus Corona – Menteri Kesehatan Jerman Jens Spahn mengatakan saat ini pihaknya telah berhasil mengendalikan penyebaran virus corona. Ucapannya itu mengacu pada jumlah kasus baru Covid-19 melambat secara signifikan.

Kendati demikian, Spahn mengatakan pihaknya tidak mau terlalu percaya diri terhadap keadaan saat ini. Mengutip Associated Press, Spahn mengatakan sejauh ini lebih dari 1,7 juta tes virus corona telah dilakukan di Jerman. Ahli kesehatan sepakat jika langkah tersebut membantu Jerman menekan lonjakan kasus virus corona.

Pusat pengendalian penyakit Jerman, Robert Koch Institute menunjukkan bahwa jumlah orang yang menginfeksi virus corona menurun menjadi 0,7 dari beberapa hari yang lalu mencapai lebih dari satu.

Presiden Robert Koch Institute Poker 88 Online, Lothar Wieler mengatakan secara nasional sejauh ini menerima laporan lebih dari 3.000 kasus baru per hari.

Presiden Brasil Jair Bolsonaro memecat menteri kesehatannya Luiz Henrique Mandetta di tengah pandemi virus corona. Bolsonaro selama ini kerap memiliki pandangan berbeda dengan Mandetta terkait penyebaran dan upaya pencegahan Covid-19 di Brasil.

Bolsonaro berulang kali mengatakan jika virus corona tak ubahnya dengan flu biasa. Ia juga kerap menolak usulan untuk mengunci wilayah atau lockdown karena menganggap bisa mematikan ekonomi dan memicu lebih banyak krisis.

“Hidup sangat berharga, tetapi ekonomi dan pekerjaan harus berjalan normal,” ujar Bolsonaro. Disinggung soal keputusannya memecat Mandetta yang memicu kritik keras, Bolsonaro berdalih keputusannya itu dibuat atas kesepakatan bersama.

Hingga kini Jerman merupakan negara kelima

“Itu (pemecatan) telah disepakati bersama karena lebih penting daripada saya dan bahkan lebih penting dibandingkan ia menjadi menteri kesehatan untuk rakyat Brasil,” ungkapnya menjawab pertanyaan alasan ia memecat Mandetta.

Hingga kini Jerman merupakan negara kelima terbesar kasus virus corona di dunia. Jerman memiliki 138.273 orang yang dinyatakan positif Covid-19 dengan 4.105 kematian.

Sejauh ini Jerman dianggap terdepan dalam menangani pasien Covid-19. Direktur Insitute Epidemiologi University Dietrich Rothenbacher mengatakan strategi pengujian Jerman jauh lebih luas dibanding negara lain, termasuk Italia dan Spanyol sehingga bisa menekan tingkat kematian.

Teich mengatakan saat ini ia belum berencana membuat kebijakan baru secara tiba-tiba untuk merespons penyebaran virus corona di Brasil. Namun ia memastikan jika keputusan yang dibuat nantinya akan sejalan dengan langkah presiden.

Penyebaran virus corona di Brasil sejauh ini terhitung cepat, kendati lonjakan kasusnya relatif kecil untuk negara dengan populasi 211 juta jiwa. Para ahli kesehatan memperkirakan Brasil akan mencapai puncak pandemi pada Mei nanti.

Sejauh ini Brasil memiliki 30.891 kasus Covid-19 dengan 1.952 kematian. Brasil menjadi negara dengan kasus virus corona tertinggi di Amerika Latin. “Kesehatan dan ekonomi saling melengkapi,” kata Teich saat berbicara disela penunjukkan dirinya oleh Bolsonaro.

Pengujian hingga ke tingkat negara bagian dan pelosok juga diikuti oleh perusahaan swasta yang bergerak cepat memproduksi sekitar 1,4 juta alat tes massal.

Pemerintah federal mengatakan awal pekan nanti akan melihat indikator lain sebelum memutuskan untuk membuka bertahap lockdown atau masih memberlakukan aturan tersebut.

Klaim Spahn hanya berselang sehari setelah Jerman mencatat rekor kematian harian tertinggi karena virus corona, mencapai 315 orang. Angka tersebut dilaporkan sebagai jumlah kematian tertinggi dalam sehari sejak kasus corona pertama kali ditemukan di Jerman.

“Terkait pandemi corona, Jerman saat ini dalam kondisi baik-baik saja dibandingkan negara lain. Fakta ini membuat kami tetap rendah hati, tetap tidak terlalu percaya diri,” kata Sphan dalam konferensi media di Berlin, Jumat.