Manfaat dari Guyur Air Dingin Saat Mandi, Kurangi Stres dan Tingkatkan Imun

Manfaat dari Guyur Air Dingin Saat Mandi, Kurangi Stres dan Tingkatkan Imun

Manfaat dari Guyur Air Dingin

Manfaat dari Guyur Air Dingin – Mandi Menggunakan air dingin memang menjadi salah datu tantangan tersendiri bagi sebagian orang. Terlebih bagi mereka yang tinggal di derah pegunungan ataupun yang memiliki iklim dingin.

Baca juga : Heboh, Keluarga Marah-Marah ke Petugas Karena Jenazah PDP Corona Jatuh ke Kubur

Namun, siapa sangka jika air dingin terbukti mampu memberikan efek yang baik bagi tubuh khususnya membantu meningkatkan kesehatan fisik maupun mental.

Bagi kalian yang tidak terbiasa mandi dengan air dingin, tidak usah khawatir. Anda bisa tetap mandi menggunakan air hangat untuk mandi, namun cobalah beralih dan mengguyurkan air dingin selama 30 detik ke badan. Hal tersebut tentunya bermanfaat baik bagi tubuh kita.

Mengurangi Dampak Stres

Bagi seseorang yang sedang mengalami stres, cobalah mengguyurkan air dingin ke badan selama beberapa saat. Air dingin akan menurunkan kadar asam urat dan meningkatkan kadar gluta dalam darah sehingga secara umum dapat mengurangi stres.

Dilansir dari Wim Hof Method, mandi dengan air dingin akan membawa tubuh melalui proses yang dinamankan ‘hardening’. Proses ini akan membuat otak mendingin sehingga meredakan stres.

Meningkatkan Sistem Imun

Mandi air dingin ternyata juga dipercaya mampu membantu meningkatkan imun tubuh. Hal ini dikarenakan bertambahnya sel darah putih dalam tubuh. Sel darah putih sendiri dipercaya mampu melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

Banyak peneliti percaya jika proses ini berkaitan erat dengan peningkatan metabolisme yang menstimulasi respon imun.

Sirkulasi Lancar

Air dingin membantu meningkatkan sirkulasi darah lebih cepat untuk mempertahankan suhu tubuh yang normal. Meningkatnya sirkulasi berdampak pada meningkatnya kesehatan kardiovaskular.

Meningkatkan Kesadaran

Sensasi dingin yang disiramkan ke tubuh selama beberapa saat akan menstimulasi diir untuk mengambil napas dalam sehingga meningkatkan level CO2 ke seluruh tubuh.

Menghaluskan Kulit

Air dingin juga dipercaya mampu menjaga kesehatan kulit. Baik kulit tubuh hingga kulit kepala. Air dingin mampu membantu mengencangkan kutikula rambut dan kulit lewat pengerutan pembuluh darah sementara selagi tubuh bereaksi terhadap perubahan suhu. Kutikula dan pori kulit yang mengencang akan mencegah kotoran dan elemen berbahaya lainnya menyumbat pori-pori kulit dan kulit kepala.

Namun, beberapa orang juga harus berhati-hati dengan air dingin. Apalagi untuk orang yang memiliki sistem imun lemah, dan beberapa penyakit yang berkaitan dengan daya tahan tubuh.

Sumber : merdeka.com