Sedih Karena Hidup Jauh dari Harapan, Pahami 5 Hal Ini

Sedih Karena Hidup Jauh dari Harapan, Pahami 5 Hal Ini

Di lansir dari stgeorgesyria.org, nyatanya kita seringkali di hadapkan oleh realitas hidup yang gak berjalan sesuai rencana. Capek iya, kesal bukan main, bahkan kita jadi stres sendiri ketika apa yang di harapkan tidak tercapai. Tapi mau bagaimana hidup memang seperti ini, gak semuanya bisa berjalan baik-baik saja. Ada kalanya kita harus merasakan kegagalan dulu, merasakan sakit, dsb.

Di kutip dari Daftar Live22, buat kamu yang saat sedang merasakan sedih karena realitas hidupmu tidak berjalan sesuai rencana, ingat lima hal simpel ini.

1. Kamu harus mengakui bahwa hidup gak selamanya apa yang kita inginkan bisa tercapai

Kalau mau di ngat-ingat lagi nyatanya hidup memang seperti ini lho, gak selamanya apa yang kita inginkan bisa berjalan sesuai rencana. Sehebat-hebatnya kamu merencanakan sesuatu, melakukan apa saja supaya bisa tercapai, berusaha ini itu, kalau Tuhan tidak menginzinkan mau bagaimana? Manusia memang bisa berencana, tapi di atas manusia ada Sang Kuasa yang bisa membolak-balikkan keadaan. Berjuang itu harus, ikhtiar itu penting, maka selagi ada waktu jangan berhenti untuk berharap.

2. Kesulitan yang kamu alami saat ini akan berlalu pada saatnya

Gak selamanya kamu akan terus mengalami kesulitan dan kesedihan seperti ini. Hari ini memang begitu menyiksa, tapi besok mungkin kamu sudah bisa tertawa lagi, bisa merasakan kebahagiaan, dst. Kesedihan akan berlalu, sebab di balik kesulitan ada kemudahan yang bisa di lewati. Hidup akan terus berlanjut, nikmati saja dari setiap perjalanan hidupmu. Nanti kamu juga bakal sadar ternyata kamu kuat menjalaninya.

3. Kamu bukanlah satu-satunya orang yang paling menderita

Kalau di pikir-pikir kamu bukanlah satu-satunya orang yang paling menderita di dunia ini. Di luar sana masih banyak orang yang hidupnya gak seberuntung kamu. Jangan hanya karena mengalami satu masalah, lantas paling merasa tersakiti. Bagaimana pun keadaan yang kamu alami saat ini, fokuslah untuk mencari jalan keluar, jangan malah memikirkan masalahnya. Jadi, terus semangat ya!

4. Masalah ada untuk membuat menjadi manusia yang berkembang dan dewasa

Tahu tidak apa yang bisa membuat manusia kuat dalam menjalani hidupnya? Ya benar sekali adanya masalah, ujian, atau cobaan hidup menjadi salah satu faktor yang bisa membuat manusia jadi tangguh. Kesulitan akan membentuk mentalmu dalam menghadapi masalah, dari rasa sakit kamu akan paham ternyata proses kehidupan bisa mendewasakan, dan kesalahan bisa membuatmu belajar dari masa lalu. Itulah proses yang bisa membuatmu jadi manusia yang berkembang.

5. Jangan lupa untuk bersyukur

Meski keadaan sedang gak baik saja, tapi jangan lupa untuk selalu mensyukuri hidupmu. Sedih, senang, sakit, gembira, apa pun keadaan yang kamu alami sekarang tetaplah mensyukurinya. Mulailah dari hal kecil mensyukuri karena masih bisa bernapas, bersyukur masih bisa makan enak, bersyukur punya tempat tinggal yang layak, dsb. Semakin kamu bersyukur nikmat juga akan bertambah.

Hidup berjalan tidak sesuai rencana itu hal biasa kok, kamu harus membiasakan itu karena yang namanya kesulitan dan kemudahan akan selalu berjalan beriringan.